Selasa, 06 Maret 2012

Malam Apresiasi Seni Chairil Anwar (MASCA 2011)

Hmmm, apa ya?
Malam Apresiasi Seni Chairil Anwar 2011 adalah MASCA ketujuh yang telah kami laksanakan. Program kerja ini merupakan salah satu program dari Divisi Seni, Budaya dan Teater. Kegiatan MASCA dilaksanakan setiap setahun sekali pada bulan April sebagai salah satu bentuk apresiasi kami terhadap salah satu sastrawan Indonesia, Chairil Anwar.  Chairil Anwar adalah penyair terkemuka Indonesia. Bersama Asrul Sani dan Rivai Apin, ia dinobatkan oleh H.B. Jassin sebagai pelopor Angkatan '45 dan puisi modern Indonesia. Dalam karya-karyanya, beliau secara tidak langsung mempengaruhi puisi tatanan kesusasteraan Indonesia.

Rita I, Koord. Kestari dengan pohon saran
Saat registrasi
Mading Chairil Anwar
MASCA dilaksanakan dalam dua malam, malam pertama berupa apresiasi dari mahasiswa aktif Program Studi Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah yang mewakili masing-masing kelas. Lalu malam kedua berupa apresiasi dari seniman se-Samarinda, baik dari Teater Pelajar, Teater Kampus, maupun Teater Umum lainnya. Kami melaksanakan acara ini salah satunya adalah untuk mempererat tali silaturahmi kami terhadap seluruh mahasiswa Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah dari berbagai angkatan yang masih aktif. Dalam pelaksanaannya, kepanitiaan berasal dari tiap angkatan. Jadi MASCA adalah acara perangkatan yang akan membuktikan kekompakan dan kreativitas masing-masing angkatan dalam menggarap acara ini. MASCA selalu punya kesan tersendiri kepada kepanitiaanya. Selain karena Mahasiswa Baru yang akan menjadi kepanitiaanya, di kesempatan kali ini juga masing-masing angkatan akan berproses menjalankan acara tanpa angkatan lain.

Ketua panitia MASCA 2011, Arditya
Ketua Himabastra Indonesia, Theobaldus Kebrisda
MASCA 2011 adalah MASCA ketujuh dan kepanitiannya berasal dari Mahasiswa Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah angkatan 2010 yang diketuai oleh Arditya (Reg Pagi A 2010). Arditya bersama saudara-saudara yang lain dari Reg Pagi A-B sampai Reg Sore A-B berusaha semaksimal mungkin menjalankan acara ini, serta mematahkan isu kesenjangan sosial antara Mahasiswa Reguler Pagi dan Reguler Sore. Kepanitiaan angkatan 2010 memakai teras Aula Kampus Pahlawan dengan konsep acara baik dari dekorasi panggung sampai pencahayaan yang berbeda dari angkatan sebelumnya. Kami memanfaatkan batang dan ranting dari pohon beringin yang telah roboh beberapa waktu yang lalu karena cuaca buruk di halaman parkir Kampus Pahlawan untuk mendekor panggung dan sekitarnya. Pada MASCA 2011 malam pertama ada beberapa kelas yang ikut berpartisipasi dengan apresiasi dalam bentuk Baca Puisi, Musikalisasi Puisi, Dramatisasi Puisi, dll. Sedangkan pada malam kedua tidak sedikit pengisi acara dari seniman se-Samarinda, baik dari Teater Pelajar, Teater Kampus, maupun Teater Umum. Dalam MASCA kami tidak pernah menarik biaya pendaftaran sebagai pengisi acara, kami hanya mengajukan surat permohonan untuk menjadi pengisi acara. Karena MASCA bukan ajang untuk mencari juara seperti lomba pada umumnya. Kami hanya menyediakan tempat untuk mengumpulkan hasil dari proses kreativitas masing-masing kelas atau komunitas teater terhadap karya-karya Chairil Anwar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar