Selasa, 20 Maret 2012

Kompetisi Tari Pelajar 2012

Ketapel 2012
Kompetisi Tari Pelajar atau kami singkat dengan Ketapel. Ketapel ialah program kerja dari Divisi Seni Budaya dan Teater Himabastra Indonesia. Ketapel dalam sejarah Himabastra Indonesia merupakan acara perdana sejak Himabastra Indonesia terbentuk pada tahun 2004. Ketapel perdana ini dilaksanakan tanggal 18 Februari 2012. Kegiatan ini diketuai oleh Yuliati (Reg. Pagi 2010).

Drs. M. Rusydi Ahmad, M.Hum membuka acara Ketapel
Seluruh peserta Ketapel
 Terlihat dari namanya, Ketapel adalah lomba seni tari daerah tingkat pelajar SMP dan SMA/K se-Samarinda. Ketapel 2012 mengusung tema “Melestarikan Seni Tari Daerah Kalimantan Timur sebagai Aset Bangsa Melalui Generasi Muda” dengan tema tari “Jepen Kontemporer. Kegiatan ini dilaksanakan oleh panitia yang terdiri atas mahasiswa Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah angkatan 2010 dan 2011 dan dilaksanakan di Gedung Rinzani Asnawi Taman Budaya Samarinda.

Suasana perlombaan
Adapun peserta yang berpartisipasi dalam kegiatan kami sebanyak sebelas peserta/kelompok tari. tujuh Peserta tingkat SMP dan empat peserta tingkat SMA. Dalam lomba pasti ada yang kalah dan ada yang menang. Ketapel tingkat SMP Juara 1 diraih oleh SMP Negeri 29 Samarinda, Juara 2 diraih oleh SMP Negeri 2 Samarinda dan Juara 3 diraih oleh MTs Normal Islam Samarinda. Sementara itu, dalam Ketapel tingkat SMA, SMA Negeri 2 Samarinda berhasil menyabet Juara 1, disusul SMK Negeri 9 Samarinda sebagai Juara 2, SMK Katolik 2 Samarinda Juara Harapan 1 dan SMK Negeri 3 Samarinda sebagai Juara Harapan 2.
Para juri yang sedang berdiskusi dan memutuskan para pemenang bersama Pj Ketapel dan Seksi Acara
Juri yang ikut berpartipasi dalam menilai Ketapel ini adalah Dian Armanita, Amalia Darmayani dan Sulistio Rini. Dalam proses selama 3 bulan kami berjuang dan bertekad untuk melaksanakan program kerja ini karena Ketapel adalah program kerja yang telah beberapa kepengurusan canangkan dalam rapat kerja Himabastra Indonesia, namun baru pada kepengurusan Himabastra yang diketuai oleh Theobaldus Kebrisda (Reg. Pagi A 2009) kegiatan ini dapat terealisasikan. Meskipun banyak kendala selama proses dan bahkan pada saat acara berlangsung, kami senang karena telah berhasil mengadakan Ketapel dan akan berusaha menjadikan Ketapel sebagai acara rutin tahunan kami seperti Bulan Bahasa, MASCA dll.
Salah satu juri bersama salah satu juara ketapel
Pembina Kegiatan Ketapel, Ibu Meita bersama salah satu juara
 
Ketua Himabastra Indonesia, Theobaldus K bersama salah satu juara


Dosen pembina kegiatan Ketapel ini adalah Ibu Meita Satyawati, S. Sn. Beliau adalah seorang yang selalu mendukung dan memberi motivasi kepada kami untuk melaksanakan kegiatan ini. Beliau juga mengapresiasi kegiatan Ketapel perdana ini dengan mengacungkan 2 jempolnya  kepada kami. Hal itu tentu membuat kami menjadi lebih semangat lagi dan timbul optimisme tinggi untuk mengadakan Ketapel lagi tahun depan dengan konsep baru dan tingkat yang lebih tinggi lagi.

Foto-foto Kegiatan proses menuju Ketapel 2012
Kelompok Tari (Melza, Dwi, Tiwi, Rizka, Ika, Yeni)

Untuk pertama kalinya Sang Mandor jadi Kuli,hhe*lirik Kak Ali Husni

Sebagian panitia




Saat makan bersama inilah salah satu wujud kekeluargaan kita
Seksi Acara lagi sibuk mengatur susunan acara
Panitia dan peserta saat geladi Bersih

Salah satu peserta saat geladi bersih

1 komentar:

  1. Usul mbak... yg buat Blog yg cantik ini.... Nuansa Idjonya mana>?????

    BalasHapus